Dampak Buruk Begadang bagi Kesehatan

Tak dapat dipungkiri bahwa ada banyak orang di luar sana yang suka begadang baik karena ingin menonton sepakbola, melakukan pekerjaan sebagai satpam, menyelesaikan pekerjaan kantor, menghabiskan waktu bersama teman, dan lain sebagainya. Untuk yang bekerja sebagai satpam dan mendapatkan shift malam, itu tidak menjadi masalah karena mereka bisa tidur di pagi hari alias jam istirahat mereka bisa tetap tercukupi. Namun, bagi yang masih harus bekerja atau beraktivitas di pagi harinya, tentu begadang akan membuat orang-orang yang melakukannya menjadi mengantuk dan lelah. Okelah bila hal ini hanya dilakukan seminggu sekali tapi jangan sampai keseringan karena begadang dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan seperti yang disebutkan di bawah ini:

Menurunkan sistem imunitas tubuh

Seperti yang mungkin diketahui bahwa istirahat yang cukup dapat menjaga sistem kekebalan tubuh dan membuat badan tetap fit. Sebaliknya, bila kurang beristirahat, sistem imunitas tubuh akan menurun drastis dan besar kemungkinan tubuh akan mudah terserang berbagai penyakit, seperti pusing kepala, demam, pilek, batuk, gangguan jantung, gangguan pernafasan, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, disarankan untuk tidur selama 7-8 jam per hari. Bagi yang sulit tidur atau menderita imsomnia, sebaiknya gunakan obat tidur yang disarankan oleh dokter agar jam istirahat tidak terganggu dan kesehatan tetap terjaga dengan baik. Bagaimana jika ada pekerjaan yang harus diselesaikan sesegera mungkin? Jika memang kondisinya mendesak, sesekali begadang tidak menjadi masalah tapi ingat hanya sesekali saja, bukan setiap hari.

Mengurangi umur

Sejumlah penelitian menyebutkan bahwa orang yang suka begadang memiliki umur yang jauh lebih pendek dibandingkan orang yang tidak begadang sama sekali. Apakah ini sebuah fakta? Jawabannya adalah iya karena orang yang suka begadang memiliki resiko terkena gangguan kesehatan jauh lebih besar dibandingkan orang yang tidur teratur. Di samping itu, kebiasaan buruk ini juga menyebabkan fungsi organ tubuh akan terus menurun dari waktu ke waktu karena kelelahan akibat kurang istirahat. Misalnya, bila sebelum sering begadang, Anda tidak bermasalah dengan jantung Anda, ketika suka begadang, jantung Anda akan sering terasa nyeri dan Anda pun akan sering merasakan sesak nafas. Oleh karena itu, resiko kematian mendadak pun bisa semakin tinggi karena melakukan hal buruk ini.

Mengalami masalah kulit

Pada umumnya, kulit akan melakukan regenerasi di malam hari ketika sedang beristirahat. Namun, proses ini tidak akan berjalan lancar apabila sering begadang. Sel-sel kulit mati yang tadinya terangkat ke atas dan diganti oleh sel-sel kulit baru ketika regenerasi, kini akan terus menumpuk dan menimbulkan masalah kulit, seperti jerawat dan komedo. Mungkin sebagian orang menganggap ini bukan lah masalah serius tapi bila dicermati, kedua gangguan kulit ini bisa membuat penderitanya mengalami penurunan kepercayaan diri dan penampilan. Bayangkan jika jerawat tumbuh subur hampir di seluruh bagian wajah dan berwarna merah. Bayangkan pula bila jerawat yang diderita adalah jerawat batu yang dapat membuat wajah terlihat membengkak dan memerah ketika jerawat ini tumbuh. Bagaimana kondisi wajah bila sudah seperti ini? Apakah masih enak dilihat? Belum lagi bila jerawat dan komedo diobati dengan obat yang salah, bisa saja tidak hanya gangguan kulit ini yang harus dihadapi tapi juga alergi dan kanker kulit.

Oleh sebab itu, hindari dan stop begadang sekarang juga. Mulai dari sekarang, usahakan untuk tidur lebih awal agar jam istirahat Anda mencukupi jam istirahat ideal dan kesehatan Anda tetap terjaga dengan maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *